Praktik Mengajar PAK Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB A Dria Adi Semarang
Keywords:
Pendidikan Agama Kristen, anak berkebutuhan khusus, tunanetra, sekolah luar biasaAbstract
Pendidikan untuk semua merupakan slogan yang mendorong pusat perhatian bidang pendidikan terhadap semua anak termasuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang ada di lingkungan masyarakat sekitar kita. Karena mereka merupakan bagian dari anak Indonesia yang memiliki hak untuk menikmati kehidupan yang layak dan berkeadilan dengan anak-anak lainnya termasuk kewajiban untuk membangun negara dan bangsa Indonesia pada umumnya dan kehidupan pribadi anak yang bersangkutan pada khususnya. Pemerintah memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan bagi ABK dengan mendirikan Sekolah Luar Biasa dan Sekolah Inklusi untuk membekali anak-anak dengan berbagai klasifikasi kelainan termasuk anak Tunanetra. Sekolah bagi pendidikan formal ABK bertujuan atau menetapkan target atau hasil belajar yang berbeda dengan sekolah pada umumnya yang disesuaikan dengan kekhususan yang terjadi pada masing-masing siswa peserta didik. Untuk itu, rancangan kurikulum dan proses pembelajaran nya pun berbeda dengan sekolah pada umumnya, dimana selama proses pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan oleh kami sebagai tim mendapat pengalaman yang baru dengan pemilihan dan penempatan di sekolah luar biasa dengan ABK klasifikasi Tunanetra yang telah berlangsung.
References
Darmadi. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish, n.d.
Dr. H. M. Joharis Lubis, M.M.M.P., and M P Dr. Haidir. Administrasi Dan Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media, 2019.
Dr. Susilahati, M S. Pendidikan Inklusif. Ponorogo: Uwais inspirasi indonesia, 2023.
Frontina, Teza, Rosana Rida Budiarti, and Daniel Paskah Adi Adrian. “Masalah Perundungan Di Dalam Lingkup Pendidikan: Studi Kasus Terhadap Siswa Disabilitas.” PASCA : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 19, no. 1 (May 31, 2023): 84–94. https://doi.org/10.46494/psc.v19i1.248.
Hamid, Abd. “Berbagai Metode Mengajar Bagi Guru Dalam Proses Pembelajaran.” Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan 9, no. 2 (2019). https://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/view/97.
Harmadi, Mariani, and Karnawati. Kurikulum Pendidikan Agama Kristen : Lintasan Menuju Iman Yang Purna. Jakarta: Penerbit Views, 2020.
Mardi Fitri, Dara Gebrina Rezieka, Khamim Zarkasih Putro. “Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi ABK.” Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak 7, no. 2 (2021). https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10424.
Noor, Tajuddin. “Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013 Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Ayat 30 Surah Ar-Ruum Dan Ayat 172 Surah Al-‘Araaf.” Universitas Singaperbangsa Karawang, no. 20 (2018): 123–44.
Patilima, Hamid. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013.
Presiden Republik Indonesia. “UU Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Pusdiklat Perpusnas 18, no. 1 (2003): 6.
Rahmawati, Tias, Fartiwi, and Umi Nur Fatimah. “Model Pendampingan Belajar Orang Tua Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Selama Masa Pandemi.” Academica: Journal of Multidisciplinary Studies Editorial 4, no. 2 (2020). https://oldjournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/academica/article/view/3172.
Tanu, I Ketut. “Penggunaan Metode Mengajar Di Paud Dalam Rangka Menumbuhkan Minat Belajar Anak.” Pratama Widya 3 (2018): 14–19.
Wedi, Agus. “Konsep Dan Masalah Penerapan Metode Pembelajaran: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Konsistensi Teoretis-Praktis Penggunaan Metode Pembelajaran.” Universitas Negeri Malang 1, no. 1 (2016).
Yamin, Muhammad, and Syahrir Syahrir. “Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran).” Jurnal Ilmiah Mandala Education 6, no. 1 (2020). https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elisabeth Widya Sharon, Tiara Kezia, Calvin Lim Navist, Mariani Harmadi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Servus Dei: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.